Einsatzgruppen, Unit Pembunuh Nazi

Diposting oleh Blogger Galau on Senin, 08 Februari 2010


SS-Gruppenführer Otto Ohlendorf (1907-1951), komandan Einsatzgruppe D dan salah satu figur paling terkenal dalam tubuh Einsatzgruppen. Dia tetap teguh memegang keyakinannya yang anti-Yahudi, bahkan ketika dihadapkan pada hukuman mati. Disini adalah foto mugshot Ohlendorf bertanggal 1 Maret 1948



Eksekusi Yahudi Kiev oleh anggota Einsatzgruppen di dekat Ivangorod, Ukraina. Foto ini dikirim lewat surat dari Front Timur ke Jerman, namun ditemukan dalam perjalanan di kantor pos Warsawa oleh anggota perlawanan Polandia bernama Jerzy Tomaszewski. Tulisan asli di belakang foto ini sendiri berbunyi : "Ukraina, 1942. Aksi (operasi) terhadap Yahudi, Ivangorod."



Para anggota Einsatzgruppen sebagian diambil dari penjaga kamp konsentrasi dikarenakan mereka sudah terbiasa "melihat" kematian dalam kesehariannya. Disini diperlihatkan penjaga SS dengan tawanannya di kamp konsentrasi Sachsenhausen, Jerman, 19 Desember 1938



Anggota Einsatzgruppen sedang ngadu huntu di Polandia



Tak diragukan lagi, inilah foto paling terkenal yang menggambarkan peran unit Einsatzgruppen. Disini para prajurit Wehrmacht dan anggota organisasi buruh Reich memperhatikan dengan berdebar-debar ketika seorang anggota Einsatzgruppe D bersiap-siap untuk meledakkan kepala seorang Yahudi Ukraina yang berlutut di pinggir kuburan massal yang telah dipenuhi oleh mayat-mayat tereksekusi sebelumnya. Lokasinya sendiri adalah di Podolia yang merupakan bagian dari Vinnitsa, Ukraina (Uni Soviet), tahun 1942


Einsatzgruppen adalah satuan khusus Nazi yang dibentuk untuk melakukan pembersihan terhadap orang-orang yang tidak sepaham dengan doktrin politik Nazi. Dalam doktrin Nazi, orang-orang yang tidak sepaham dengan mereka disebut dengan Untermenschen, atau manusia rendahan, sehingga harus dihabisi.

Orang yang mendirikan Einsatzgruppen adalah pemimpin tertinggi SS (Schutzstaffel), Heinrich Himmler bersama dengan tangan kanannya yang menjabat sebagai Kepala SD (Sicherheitsdienst) atau Badan Intelijen Partai Nazi, Reynhard Heydrich. Orang-orang yang tergabung dalam unit Einsatzgruppen itu sendiri merupakan orang-orang pilihan yang diambil dari berbagai institusi Nazi, mulai dari tentara-tentara terbaik yang tergabung dalam Waffen-SS (Pasukan SS bersenjata), anggota-anggota Gestapo (Geheime Stadspolizei) atau Polisi Rahasia Negara, anggota SD dan polisi-polisi kriminal atau yang dikenal dengan sebutan Kripo (Kriminalpolizei).

Himmler membagi Einsatzgruppen menjadi empat unit yang masing-masing dipimpin oleh orang-orang dengan kemampuan akademik yang tinggi, seperti Adolf Eichmann, pemimpin kamp konsentrasi di Auschwitz yang berhasil melarikan diri ke Amerika Selatan setelah PD II berakhir dan kemudian diculik oleh Dinas rahasia Israel pada tahun 1950-an dan dibawa untuk diadili di negara Yahudi tersebut.

Keempat unit in kemudian disebar ke seluruh Eropa untuk melakukan teror pembunuhan masal terhadap banyak orang, mulai dari orang Yahudi, Polandia, Cekoslowakia, dan yang terbesar adalah orang-orang Rusia. Unit-unit kecil mereka disempalkan dalam banyak kamp-kamp konsentrasi Jerman di Dachau, Buchenwald, Auschwitz dan banyak tempat lagi untuk menghabisi para tahanan tersebut.

sumber: http://alifrafikkhan.blogspot.com/2010/02/einsatzgruppen-unit-pembunuh-nazi.html

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar