Jenis-jenis Hujan Meteor

Diposting oleh Blogger Galau on Selasa, 02 Februari 2010

1. Hujan meteor Orionid

Hujan meteor orionid muncul tiap tahun, dan memuncak di sekitar tgl 21 okt. Hujan meteor ini sangat jelas terlihat dan tampak sampai 20 meteor hjau dan kuning tiap jamnya. Orinoid adalah nama cahaya meteor yang berada dilangit ditempat titik mereka berasal. Komet meteor bias dilihat di penjuru seluruh langit tapi garis pergerakan mereka akan selalu menunjuk ke arah cahaya. Cahaya meteor orinoid terletak di dekat konstelasi Orion. Dan hujan meteornya disebabkan oleh Komet Halley yg terkenal yg terakhir terlihat pada tahun 1986 yang orbitnya sekitar 75-76 tahunan

Gambar di atas adalah mteor orinoid yang berada dibawah galaksi bimasaktin dan disebelah konstelasi Venus.




2. hujan meteor Perseid


Meteor Perseid adalah meteor yg mungkin bias kita lihat paling jelas dan biasanya terlihat di belahan bumi bagian utara pada saat malam di musim panas yg hangat. Terang dan banyak, perseid dikaitkan dgn komet swift-tuttle yng menakjubkan. Meteor ini tampaknya berasal dari sebuah cahaya di rasi Perseus dan terjadi ketika bumi melewati aliran meteor yang dikenal dgn nama awan perseid yg sebenarnya adalah residu dari ekor komet swift-tuttle.


Sebagian besar debu dari awan Perseid berumur ribuan tahun, walauoun ada beberapa diantaranya adalah debu muda yg menguap dari komet pada tahun 1862. hujan meteor perseid telah diamati sekitar 200 tahun dan biasanya terlihat mulai pertengahan juli dan memuncak pada tgl 12 agustus tiap tahunnya



3. Geminid meteor shower

Gambar berikut merupakan hujan meteor Geminid. Meteor ini bukan seperti meteor lain yg lahir dari sebuah komet, melainkan mereka berasal dari sebudah asteroid, yaitii sebuah planetoin berbatu di dekat bumi yg bernama Phaeton 3200. pada umumnya asteroid tdk menghasilkan debu ke angkasa dan bahkan diperkirakan asteroid ini sebelumnya adalah sebuah komet. Orbit Phaeton berbentuk elips seperti komet dan yang bahkan membawanya kedalam dekat matahari melebihi orbit merkurius.

Geminid pertama muncul 150 thn yg lalu, dan semenjak itu mereka menghujani bumi secara regular tiap tahun pada pertengahan desember. Mereka diperkirakan akan lebih banyak [ada tiap tahunnya dan hujan meteor baru2 ini telah terlihat lebih dari ratusan meteor menghiasi langit.



4. Quadrantid meteor shower

Banyak kilatan meteor yang terlihat pada gambar ini, meskipin terhalang oleh cahaya jihau aurora disebelah kanannya. Cahaya merah yang terlihat sebelah kiri merupakan cahaya pesawat astronom NASA DC-8 yang terbang diatas kanada utk meneliti hujan meteor Quadrantid. Dengan bantuan kamera khusus yg dapat menghasilkan gambar komposit yg menggabungkan eksposur singkat, para peneliti berharap dapat mengetahui dari mana hujan meteor ini berasal awalnya.

Karena kuatnya penampakan meteor ini, pada januari awal hujan meteor ini secara tentative didentifikasikan sbg planet kecil yg dinamakan planet 2003 EH1 kemungkinan juga diamati oleh astronom dari cina, jepang dan korea semenjak stgh milenuim lalupada puncak penampakannya, hujan meteor ini akan bias dilihat kurang dari 1 jam.
:

sumber: kaskus.us

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar