Pilih Minuman Berenergi atau Air Putih? Lihat Dulu Olahraganya

Diposting oleh Blogger Galau on Minggu, 15 April 2012

img
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Ketika berolahraga, cairan dalam tubuh akan keluar melalui keringat dan menimbulkan rasa haus dan dehidrasi. Anda perlu mengganti cairan tubuh dengan meminum minuman berion yang dapat memulihkan energi Anda atau air putih.

Tetapi apakah minum minuman berenergi saat berolahraga lebih baik dari air putih biasa?

"Manfaat dari mengonsumsi minuman berenergi tergantung aktivitas olahraga yang Anda lakukan," kata Profesor Louise Burke dari Australian Institute of Sport seperti dilansir dari ABC, Minggu (15/4/2012).

Minuman olahraga biasanya mengandung air dan elektrolit, seperti natrium dan kalium untuk menghilangkan dehidrasi dan karbohidrat, seperti gula untuk energi. Minuman ini mampu mengisi cairan tubuh dan menyediakan bahan bakar ekstra untuk kegiatan olahraga dengan durasi yang panjang atau sekitar 90 menit.

"Jika Anda berjalan di atas treadmill dengan tujuan menurunkan berat badan sambil membaca majalah, maka Anda tidak perlu minum minuman berenergi dan cukup minum air putih biasa," kata Burke.

Profesor Clare Collins, juru bicara Dietitians Association of Australia menyetujui bahwa penggunaan minuman olahraga hanya diperlukan oleh atlet yang melakukan olahraga yang berat saja.

"Atlet memerlukan asupan karbohidrat dalam jumlah besar selama latihan, seperti minuman berenergi yang menyediakan sumber energi alternatif atau tambahan bahan bakar," "jelas Burke.

Burke dan Collins memperingatkan bahwa, seperti semua minuman berasa asam dan manis, minuman berenergi juga berkontribusi terhadap kerusakan gigi. Jadi penting untuk mempertimbangkan memilih minuman berenergi ketika Anda berolahraga.

Ketika Anda berolahraga hanya untuk menurunkan berat badan atau hanya berolahraga kurang dari satu jam, air putih biasa lebih baik bagi Anda.

Sedangkan jika Anda berolahraga berat dan dalam waktu lebih dari satu jam, Anda dapat memilih meminum minuman berenergi agar Anda tidak mudah lelah.



http://health.detik.com

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar