Aneh : Sumur Sedalam 2,5 Meter Bisa Menyemburkan Air

Diposkan oleh Blogger Galau on Jumat, 11 Mei 2012

Ada sebuah sumur di desa Tuhala, Estonia dalamnya hanya 2,5 meter tapi bisa menyemburkan air hingga ratusan liter, dan membanjiri lingkungan sekitarnya.

Bagaimana ini bisa terjadi? Ternyata sumur ini berada tepat di atas sungai bawah tanah. Ketika hujan lebat, air di sungai tersebut menjadi penuh. Akibat tekanan yang terjadi, airnya muncrat lewat sumur ini.



Selain itu, air yang meluap juga terjadi akibat salju yang mencair saat musim semi. Peristiwa ini tidak terjadi tiap hari, melainkan beberapa kali dalam setahun. Karena itu, banyak wisatawan berdatangan ingin melihat keajaiban ini. 

Nama sumur ini: Witch Well, atau sumur penyihir. Rupanya penduduk setempat percaya para penyihir Tuhala sering mengadakan pertemuan di bawah sumur. Mereka sering membuat keributan saat berkumpul, dan lupa imbasnya hingga ke permukaan bumi. Akhirnya air pun meluap, membuat banjir. 


Ironis, tahun 2010 silam ada perusahaan tambang ingin mengubah tempat ini jadi pertambangan. Tentu saja, gelombang protes berdatangan dari berbagai penjuru. Permintaan dukungan juga disebar lewat internet (lihat http://www.tuhalanoiakaevuleappi.com/en/). 

Sungguh sayang pastinya bila tempat nan unik ini harus musnah karena kerakusan dunia industri, bukan?



Sumber:
tuhalanoiakaevuleappi.com/en

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar