Ngejams Bareng Komunitas Keroncong Cyber

Diposkan oleh Blogger Galau on Rabu, 30 Mei 2012

Komunitas Keroncong Cyber (KC) atau dikenal dengan Komunitas Tjroeng adalah sebuah komunitas yang mendedikasikan diri untuk memajukan musik keroncong.

Komunitas ini berdiri pada 11 juni 2005 pukul 12.05 WIB, KC adalah salah satu komunitas keroncong terbesar di dunia internet, keberadaan Komunitas Tjroeng seperti oase bagi keberadaan musik keroncong.

Melalui proses akulturasi yang cukup lama serta berbagai adaptasi terhadap instrument yang digunakan sehingga terciptalah musik keroncong dan komunitas ini akan terus memperjuangkan dan mengukuhkan bahwa musik keroncong adalah musik asli bangsa Indonesia.

Komunitas Tjroeng juga seperti menjadi wadah para pecinta musik keroncong di seluruh Tanah Air. Komunitas ini bersifat independen serta terbuka dengan menjunjung tinggi asas pluralisme, non partisan, dan non sektarian.





Spoiler for Komunitas Keroncong Cyber:


Spoiler for Komunitas Keroncong Cyber:


Spoiler for Komunitas Keroncong Cyber:


Spoiler for Komunitas Keroncong Cyber:

"Trebuchet MS]Tentu saja keberadaan Komunitas Keroncong Cyber dan Milis Keroncong seperti ini merupakan suatu berita dan langkah yang bagus terutama bagi keberadaan musik keroncong sendiri. Mengapa demikian?
Karena banyak manfaat yang dapat kita ambil dari hal-hal seperti ini:

[FONT="Trebuchet MS]
Pertama, mengenai existensi dari keroncong itu sendiri di mata dunia. Dengan adanya komunitas seperti ini maka akan semakin membuktikan dan menguatkan bahwa musik keroncong memang musik asli bangsa Indonesia. Melalui proses akulturasi yang cukup lama serta berbagai adaptasi terhadap instrument yang digunakan sehingga terciptalah musik keroncong tersebut.

Kedua, terjalinnya silahturahmi antar penikmat, musisi, pemerhati serta penggemar musik keroncong di seluruh tanah air bahkan dunia. Komunitas ini bersifat independen serta terbuka dengan menjunjung tinggi asas pluralisme, non partisan, dan non sektarian. Karena internet merupakan sarana yang hampir tiada batas dimanapun kita berada. Selama ada koneksi maka kita akan bisa terhubung dengan Kominitas Keroncong Cyber ini. Terbukti anggota yang tergabung dalam komunitas cyber ini tidak melulu datang dari Indonesia, ada juga yang dari Malaysia bahkan Belanda. Dan untuk saat anggotanya sudah mencapai 350 lebih (saat ditulisnya berita ini).

Ketiga, sebagai sarana tukar menukar pendapat serta diskusi mengenai musik keroncong dan kelanjutannya di masa depan.

Keempat, sebagai sarana edukasi/ pembelajaran keroncong dalam berbagai bidang. Hingga saat ini sudah banyak kegiatan yang telah dilakukan oleh Komunitas Keroncong Cyber ini, mulai dari bidang pendidikan seperti pelatihan musik keroncong untuk anak-anak sekolah, diskusi, sarasehan dan juga seminar. Untuk bidang apresiasi juga telah diadakan festival, lomba mapaun roadshow.
Dan masih banyak lagi kegiatan lainnya.

Komunitas Tjroeng memberi sarana edukasi atau pembelajaran keroncong dalam berbagai bidang. Hingga saat ini sudah banyak kegiatan yang telah dilakukan oleh komunitas ini, mulai dari bidang pendidikan seperti pelatihan musik keroncong untuk anak-anak sekolah, diskusi, sarasehan dan juga seminar. Untuk bidang apresiasi juga telah diadakan festival, lomba mapaun roadshow.

Masih banyak lagi kegiatan-kegiatan positif yang telah dihelat oleh Komunitas Tjroeng. Untuk itu keberadaan komunitas ini harus kita dukung sepenuhnya sebagai bentuk kepedulian kita terhadap budaya bangsa kita pada umumnya dan musik keroncong khususnya





sumber :http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=14525179

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar