PT KAI Berlakukan Sistem Boarding

Diposkan oleh Blogger Galau on Senin, 04 Juni 2012


misi gan pagi pagi buta gini ane mau share berita yang mungkin bermanfaat untuk kita semua, apalagi bagi para kaskuser yang sering berpergian dengan menggunakan kereta api.
berikut ini berita yang terdapat pada kompas.com
http://bisniskeuangan.kompas.com/rea...istem.Boarding



JAKARTA, KOMPAS.com — PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan memberlakukan sistem boarding dalam pembelian tiket kereta api, seperti sistem yang dilakukan bagi penumpang pesawat.

Senior Manager Security PT KAI Akhmad Sujadi, Sabtu (2/6/2012), menjelaskan, sistem boarding ini akan diberlakukan 1 September nanti, pembelian tiket hingga sistem pemberangkatan penumpang kereta api akan menyerupai sistem yang biasa diberlakukan bagi penumpang pesawat.

Sistem boarding ini, lanjut Akhmad Sujadi, diterapkan guna mengurai antrean calon penumpang serta memberantas calo tiket kereta di stasiun.

"Jadi agar antrean terurai, maka kami buat sistem pesawat atau sistem boarding," kata Akhmad Sujadi di Jakarta.

Ia mengatakan, saat ini calon penumpang sudah bisa membeli tiket kereta jurusan daerah Jawa di sejumlah minimarket. Selain itu, bisa juga dibeli secara online atau memesan lewat telepon.

Seusai mendapat tiket sesuai identitas pemesan, calon penumpang harus tiba di stasiun sebelum jam pemberangkatan. "Check in layaknya yang dilakukan calon penumpang pesawat," lanjutnya.

Akhmad menjelaskan, sistem boarding akan mengurai antrean di loket pembelian karcis ataupun di dalam stasiun. Sebab, yang berhak masuk ke dalam peron stasiun pemberangkatan hanya calon penumpang yang ingin check in.

Dengan demikian, pengantar penumpang tidak boleh memasuki stasiun seperti biasanya. "Calon penumpang yang check in juga harus pemegang tiket sesuai identitas KTP, SIM, atau sejenisnya," kata Akhmad.

Akhmad melanjutkan, sistem boarding juga akan sangat membantu dalam pemberantasan calo. Dengan begitu, diharapkan tak ada lagi calon penumpang yang tak kebagian tiket.

Ia mengaku sistem boarding sudah diuji coba di sejumlah stasiun kereta di daerah Jawa. "Sistem uji coba sekaligus sosialisasi itu berlangsung sejak 1 Mei hingga 31 Agustus nanti," ujarnya.




sumber :http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=14746465

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar