Tips Mempercepat PC anda : Buatlah jadwal perawatan computer anda secara otomatis

Diposkan oleh Blogger Galau on Rabu, 30 Mei 2012


Kbanyakan org melakukan slh satu dari hal berikut saat komputernya melambat ( selain pastinya ) :
  • Membeli memory tambahan
  • Mengubah-ubah pengaturan computer mereka
  • Yang paling parah = Menyerah , mengetahui bahwa computer mereka sudah tua, tak ada yg bisa dilakukan, dan belum mungkin utk membeli computer baru

Ya,.. Semua solusi itu memang dapat mempercepat kinerja PC anda, tapi hal itu pasti terjadi lagi beberapa waktu kemudian, entah sebulan atau setahun kemudian.
Salah satu cara yang baik adalah membuat perencanaan perawatan komputer anda yg terjadwal .
Kita gunakan fitur yang sudah dibawa oleh OS Windows yang bisa dijalankan secara gratis,dan sesering yg anda mau.

Artikel berikut membahas tentang bagaimana cara kita melakukan perawatan komputer secara terukur dan terjadwal agar senantiasa berjalan lancar. Cara dari tiap OS berbeda, namun utk
Windows 7, Vista dan XP hampir sepenuhnya sama.

Ketika user melihat perlambatan kinerja komputer mereka, alasan yang paling umum atau pertama divonis punya error / kesalahan adalah
hard disk.
Hard disk
komputer Anda merupakan daerah non-removable yang menyimpan semua informasi yang tersedia dari komputer Anda. Seiring waktu, hard disk mulai kehilangan kemampuan mereka untuk menyimpan data secara efisien.

Windows menyediakan 3 fitur utk membantu menjaga kelancaran kinerja
Hard Disk, yakni :
  • Disk Clean Up
  • Disk Defragmenter
  • Check Disk

Penggunaan fitur ini dapat membantu mengoptimalkan PC Anda. Idealnya Anda harus membersihkan hard disk dari file-file sementara, mengoptimalkan (defragment) hard disk, dan memeriksa kesalahan (error) hard disk secara mingguan (sekali seminggu).

Apakah anda punya waktu utk menjalankan semua fitur ini ? Sepertinya tidak
, Kenapa tidak membiarkan Windows saja yang melakukannya secara otomatis ??

Windows sebenarnya punya setting khusus utk menjalankan fitur ini secara otomatis 

Yang perlu kita ingat dan pastikan terlebih dahulu adalah, kita harus login sebagai ADMINISTRATOR

Pengguaan Manual :

Pada Windows 7 & Vista, anda tinggal klik START dan di SEARCH COLOUMN ketik tool yang ingin anda gunakan ( 3 tool / fitur diatas ).

Komputer Anda menyimpan file-file sementara (
temporary files) dari waktu ke waktu. File-file ini dapat berasal dari sejumlah sumber, dengan web sebagai salah satu pengguna space terbesar. Setelah beberapa waktu, file-file sementara ini (temporary files) akan memperlambat komputer Anda.
Baiknya anda harus menjalankan Windows Disk Cleanup untuk membersihkan PC anda dari file-file sementara (temporary files).
Disk Cleanup
membutuhkan input dari user untuk menjalankan perintah yg kita inginkan. Untuk alasan ini, disarankan, bila membuat pengaturan program untuk menjalankan secara otomatis (seperti yang dijelaskan pada paragraf berikutnya), Pilihlah waktu saat Anda biasanya menggunakan komputer (power-on).

Bila menggunakan
Create Basic Task Wizard, pilih Properties ketika kita sudah klik FINISH. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengakses properti tambahan. Pada tab Setting, pilih dan centang Run task as soon as possible after a scheduled start is missed untuk memastikan bahwa perintah dimulai pada saat Anda logon ke komputer Anda.

Mengeset Disk Cleanup untuk dapat dijalankan secara otomatis:

Utk Windows 7 dan Windows Vista

1. Buka Task Scheduler. Klik Start, klik Control Panel, klik Adminisrative Tools, dan klik 2x Task Scheduler. Apabila kita diminta masuk sebagai Administrator, masukkan password-nya sebagai konfirmasi (password pilihan anda).
2. Klik Action menu, klik Create Basic Task, dan buka Create Basic Task Wizard
3. Ketik nama utk perintah ini dan isi Optional Description (sebagai keterangan tambahan), lalu klik next
4. Untuk memilih jadwal yang ada di kalender, klik Daily (Harian), Weekly (Mingguan), Monthly (Bulanan) atau One Time (satu kali) lalu klik next
5. Pastikan jadwal yang ingin dibuat dahulu / gunakan, lalu klik next
6. Klik Start a Program. Lalu klik Next
7. Klik Browse dan di kolom File Name, ketik cleanmgr.exe, klik Open, dan klik Next lalu klik Finish


Utk Windows XP
1. Klik Start, klik Control Panel
2. Klik Performance and Maintanance (di Category)
3. Klik add scheduled Task, di Scheduled Task Wizard, klik next
4. Geser ke bawah, pilih Disk Cleanup, klik lalu klik next
5. Dibawah Perform this task, klik Weekly (mingguan), lalu klik next
6. Atur dan pilih jam dan hari utk menjalankan [b]Disk Cleanup[b/]. Utk hasil yg baik. Pilih waktu dimana saat kita sedang dalam kondisi menggunakan komputer. Lalu klik next
8. Ketik password di kolom Enter Password dan Confirm Password, lalu klik next, lalu klik Finish

Optimalkan fregmentasi file Anda

Pada waktu yg tidak bisa kita tebak, files yg tersimpan bisa menjadi terlalu besar bila kita simpan dalam satu lokasi hard disk kita, komputer anda memecah file ini menjadi beberapa bagian (fragmen). Jangan khawatir, komputer kita tetap menyimpan semua fragmen ini. Fragmen2 ini akan menyatu kembali saat file tsb diakses.

Namun, karena file terfragmentasi menumpuk pada
hard disk Anda, komputer Anda menjadi lambat secara bertahap. Karena komputer Anda harus melalui semua file terfragmentasi untuk menyusun bagian-bagian yang benar bersama lagi.

Meskipun demikian. tidak ada yang dapat Anda lakukan untuk mencegah fragmentasi file,
Windows tidak memiliki utilitas (Disk Defragmenter) untuk mmbantu mengatasi situasi ini. Disk Defragmenter menata kembali file terfragmentasi, shingga free space meningkat pada hard disk dan kinerja lebih cepat dari PC Anda.

Untuk membuatnya jalan tiap minggunya, anda harus menjalankan utilitas
Windows Disk Defragmenter.

Catatan: Windows 7 & sebagian besar versi Windows Vista telah dikonfigurasi untuk secara otomatis menjalankan Disk Defragmenter secara mingguan. Ikuti petunjuk untuk sistem operasi Anda untuk mengkonfirmasi bahwa Disk Defragmenter sudah diatur atau untuk membuat perubahan pada jadwal yang ada.


Setup Disk Defragmenter untuk berjalan secara otomatis:


Windows 7

1. Open Disk Defragmenter, Klik Start, klik All Programs, klik Accessories. Klik System tools, dan kemudian klik Disk Defragmenter. Jika kita diminta masukkan password Administrator, isikan 
2. Klik Configure Schedule
3. Di kolom Disk Defragmenter : Modify Schedule, pilih seberapa sering, hari apa, jam berapa Disk Defragmenter ini mau dilakukan, dan Drive mana, dan klik OK
4. Klik OK lagi

Windows Vista

1. Open Disk Defragmenter, Klik Start, klik All Programs, klik Accessories. Klik System tools, dan kemudian klik Disk Defragmenter. Jika kita diminta masukkan password Administrator, isikan 
2. Klik Modify Schedule
3. Di kolom Disk Defragmenter : Modify Schedule, pilih seberapa sering, hari apa, jam berapa Disk Defragmenter ini mau dilakukan, dan Drive mana, dan klik OK
4. Klik OK lagi

Windows XP

1. Klik Start, dan klik Control Panel
2. Klik Performance and Maintenance
3. Dibawah icon Control Panel. Pilih Scheduled Tasks
4. Di Scheduled Task window, klik 2x Add Schedulued Task, di Scheduled Task Wizard, klik Next
5. Klik Browse, di kolom File name, ketik %systemroot%\system32\defrag.exe, lalu klik Open
6. Dibawah Perform this Task, klik Weekly (Mingguan), lalu klik Next
7. Set waktu dan hari kapan ingin kita jalankan pada hard drive kita. Utk hasil yang lebih baik, pilih waktu dimana computer hidup dan kita sedang tidak menggunakan, lalu klik Next
8. Ketik password pada kolom Enter the Password dan Confirm Password, lalu klik Next
9. Pilih dan centang Open advanced properties for this task when I click Finish, lalu klik Finish
10. Di kolom Run, pastikan sudah terisi dengan C:\Windows\System32\defrag.exe, lalu di Set Account Information, isikan password yg sudah kita buat tadi, lalu klik OK

Periksa
Error (kesalahan) pada Hard Disk

Saat sebuah program yang Anda gunakan
crash, mungkin komputer Anda membuat kesalahan pada hard disk Anda. Error ini akhirnya akan memperlambat kinerja komputer Anda.

Berita baiknya adalah bahwa Windows memiliki program
Check Disk. Check Disk memperbaiki error / jenis kesalahan pada hard disk Anda, sehingga menghasilkan kinerja PC yang lebih baik.

Utk menjalankannya secara mingguan, anda harus menjalankan program
Check Disk. Sementara Check Disk berjalan, ada seperti jendela hitam akan terbuka. Jika Anda kebetulan sedang menggunakan komputer Anda ketika jendela terbuka, Anda dapat mengabaikannya. Jendela secara otomatis akan hilang bila Check Disk selesai.

Catatan: Anda harus logon sebagai administrator untuk melakukannya. Jika Anda tidak login sebagai administrator, Anda hanya dapat mengubah pengaturan yang berlaku untuk account pengguna Anda.





sumber :http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=14705521

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar