Keeksotisan Wisata di Papua

Diposkan oleh Blogger Galau on Rabu, 06 Juni 2012



HAMPARAN biru air laut beriak-riak cukup tenang, sekitar pukul 16.00 sore, matahari di Indonesia bagian timur masih tampak terang. Terlihat pemandangan eksotik dari dasar laut dangkal. Pasir putih berikut gerombolan ikan dan gugusan terumbu karang terlihat jelas, bersamaan silau mentari yang menembus kedalaman air.

Ini baru salah satu gambaran dari lokasi eksotis di Ppaua. Potensi pariwisata di Papua sebetulnya sangat banyak dan baru sedikit yang diketahui. Mutiara dari timur, sebutan populer ini kiranya tepat untuk menggambarkan kekayaan alam papua.

Untuk yang suka petualangan, berlibur ke Papua merupakan pilihan yang tepat. kondisi alam yang masih asli inilah yang membuat Papua sangat memesona. Apa saja tempat wisata di Papua yang menarik disambangi?




Spoiler for 2. Danau Sentani:

Memiliki 30 jenis spesies ikan air tawar, Danau Sentani kaya beragam biota laut dan sudah dimanfaatkan untuk budi daya air tawar. Danau ini juga dimanfaatkan untuk lokasi wisata, speerti berenang, bersampan, menyelam, memancing, ski air, dan wisata kuliner. Danau Sentani merupakan danau vulkanik. Sumber airnya berasal dari 14 sungai besar dan kecil dengan satu muara sungai, Jaifuri Puay.


Spoiler for 3. Pantai Biak :

Biak adalah salah satu pulau terbesar di antara rantaian pulau kecil di Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua Barat. Memiliki banyak pantai dengan keindahan atol dan terumbu karang, Biak merupakan gugusan pulau yang berada di sebelah utara daratan Papua dan berseberangan langsung dengan Samudra Pasifik.

Pantai Bosnik nan eksotis di Biak adalah tempat wisata favorit masyarakat lokal. Selain itu, Pantai Wari ayng terletak di Desa Yobdi, Biak Utara juga bagus untuk didatangi.


Spoiler for 4. Taman Nasional Lorentz:

Kawasan Taman Nasional Lorentz merupakan salah satu kawasan konservasi paling luas di Asia Tenggara (25.000 km2). Dengan wilayah meliputi Kabupaten Jayawijaya, Mimika, Puncak Jaya dan Asmat. Taman nasional yang termasuk situs Warisan Budaya Dunia oleh UNESCO ini memiliki persediaan mineral dan operasi pertambangan berskala besar yang aktif.

Ada juga proyek konservasi Taman Nasional Lorentz dari inisiatif masyarakat untuk konservasi komunal dan ekologi warisan yang berada di kawasan ini. Sejak 2003 hingga kini, WWF Indonesia sedang melakukan pemetaan wilayah adat di dalam Kawasan Taman Nasional Lorentz. Tahun 2003-2006 WWF telah melakukan pemetaan di Distrik Kurima, Kabupaten Yahukimo dan pada 2006-2007 pemetaan sudah dilakukan di Distrik Sawaerma, Kabupaten Asmat.


Taman Nasional Lorentz merupakan perwakilan dari ekosistem terlengkap untuk keanekaragaman hayati di Asia Tenggara dan Pasifik. Ada 630 jenis burung yang merupakan 70 persen dari burung yang ada di Papua dan 123 jenis mamalia.


Spoiler for 5. Pulau Mansinam:

Pulau Mansinam terletakdi teluk doreri sebelah selatan kota Manokwari ,dengan luas 410,97 Ha, dan dengan Perahu Tradisional atau Long Boat adalah sarana transportasi yang digunakan mengunjungi pulau ini dalam 10-15 Menit waktu tempuh.


Spoiler for 6. Situs Purbakala Tapurarang:

Berkunjung ke Kokas, Kabupaten Fakfak, Papua Barat, laksana mengunjungi sebuah kota tua. Di wilayah distrik ini terdapat situs kuno yang menyimpan keajaiban dengan misteri di dalamnya. Situs Purbakala Tapurarang tak hanya menarik keelokannya


Spoiler for 7. Teluk Triton:

Teluk Triton terletak di Kabupaten Kaimana, Papua Barat.

Daerah ini dikenal dengan keindahan bawah air yang dikenal sebagai sorga bawah laut dan warisan budaya.

Kawasan di Teluk Triton terdapat 959 jenis ikan karang dan 471 jenis karang di mana 16 dari mereka adalah spesies baru. Keindahan karang lunak adalah pemandanganan air alami di Teluk Triton. Serta dengan mudah menemukan Bryde’s paus mencari makanan.

Gambar kuno dari jaman pra-sejarah di sisi gunung menunjukkan telapak tangan dan binatang di Maimai adalah keindahan budaya yang semenarik dunia bawah laut di Teluk ini.


Spoiler for 8. Danau Paniai:

Danau Paniai adalah danau terbaik dan terindah di Seluruh Dunia yang dinyatakan oleh 157 Negara-negara pemilik danau di dunia pada Konferensi Danau se-Dunia di India pada 30 November 2007.

Danau Paniai yang yang luasnya 14.500 Ha , berada pada ketinggian 7.500 meter di atas permukaan laut itu kondisinya sampai sekarang masih alami, disekitar danau tersimpan Nilai-nilai seni budaya masyarakat setempat yaitu seni budaya Suku Mee dan Suku Moni.


Spoiler for 9. Carstenz Pyramide:

Nama Cartensz diambil dari penemunya yaitu seorang pelaut asal Belanda, John Carstensz yang menyaksikan adanya puncak gunung yang tertutup oleh Es di negara ekuator. Tidak ada yang percaya dengan peenyataan nya tersebut. John Carstensz adalah orang eropa pertama yang menyaksikan puncak Cartesz dengan mata kepalanya sendiri.


Spoiler for 10. Desa Tablanusu:


Spoiler for 11. Puncak Jaya Wijaya:

Pegunungan Jayawijaya adalah nama untuk deretan pegunungan yang terbentang memanjang di tengah provinsi Papua Barat dan Papua (Indonesia) hingga Papua Newguinea di Pulau Irian. Deretan Pegunungan yang mempunyai beberapa puncak tertinggi di Indonesia ini terbentuk karena pengangkatan dasar laut ribuan tahun silam.


Spoiler for 12. Taman Nasional Teluk Cenderawasih:

Taman Nasional Teluk Cendrawasih merupakan perwakilan ekosistem terumbu karang, pantai, mangrove dan hutan tropika daratan pulau di Papua/Irian Jaya.






sumber :http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=14751268

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar