Ukuran Tembok Besar Cina Ternyata Lebih Panjang

Diposkan oleh Blogger Galau on Rabu, 06 Juni 2012

http://2.bp.blogspot.com/-dzj04UxagVo/TyIu9PU5piI/AAAAAAAAA98/-wqYKo2KS7c/s1600/photo_lg_china.jpg


Salah satu dari tujuh keajaiban dunia, Tembok Besar Cina selama ini dianggap memiliki panjang hanya 8,850 km menurut perhitungan pada 2009 lalu.

Namun, hasil penelitian terbaru mengungkap kemungkinan bahwa bangunan buatan abad ketujuh sebelum masehi itu memiliki panjang hingga 21.196,18 km, demikian kantor berita Xin Hua melaporkan.

Angka ini dirilis Badan Negara urusan Peninggalan Budaya berdasarkan surveu arkeologi yang dilakukan sejak 2007 lalu.

Sementara ukuran panjang Tembok Besar sebelumnya hanya berdasarkan catatan sejarah.

"Survey ini mengungkap secara total terdapat 43.721 situs sejarah termasuk bagian dari Tembok Besar," ujar Deputi Kepala Badan urusan Peninggalan Budaya Cina, Tong Mingkang seperti dikutip Xin Hua.

Tembok yang di Cina dikenal sebagai Tembok Sepanjang 10.000 Li itu adalah bangunan benteng yang mulai dibangun pada 500 SM dan selesai dibangun di masa pemerintahan Kaisar Qin Shi Huang.

Tembok ini dibangun untuk melindungi wilayah kekaisaran Cina dari serangan bangsa nomad di utara. Tujuan lainnya adalah pengawasan barang yang melewati Jalur Sutra serta mengawasi perdagangan dan mengontrol proses imigrasi.


Kondisi Tembok Besar

Sesuai laporan itu, saat ini hanya 8,2% tembok asli yang tersisa sementara sisanya berada dalam kondisi yang memprihatinkan.

Di bagian sebelah utara ibukota Beijing yang merupakan tujuan wisata, bangunan bersejarah ini sangat terawat kondisinya.

Namun di banyak bagian lain kondisinya sangat memprihatinkan. Bahkan tak jarang Tembok Besar di beberapa daerah menjadi sumber batu untuk pembangunan dan renovasi rumah,

Di Provinsi Gansu bagian Tembok Besar sepanjang 60km diperkirakan hilang dalam 20 tahun ke depan akibat erosi dan badai pasir.

Sedangkan di banyak titik, ketinggian Tembok Besar menyusut dengan cepat dari sekitar lima meter hingga tersisa hanya dua meter saja.

Selain dikenal karena ukurannya yang masif, Tembok Besar Cina juga dikenal sebagai satu-satunya bangunan buatan manusia yang bisa dilihat dari luar angkasa.

Tembok Besar masuk daftar peninggalan dunia UNESCO sejak 1987.


The Great Wall of China north of Beijing, China. The Great Wall of China is among Seven Wonders of the World

The Great Wall of China north of Beijing, China. The Great Wall of China is among Seven Wonders of the World

Longer: A backpacker walking along section of wall at Jinshanling, near Beijing

Longer: A backpacker walking along section of wall at Jinshanling, near Beijing






sumber :http://news.detik.com/read/2012/06/07/092902/1935018/934/ukuran-tembok-besar-cina-ternyata-lebih-panjang?9922022

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar