Remaja Putri di Indonesia Disarankan Minum 2 Gelas Susu Tiap Hari

Diposkan oleh Blogger Galau on Jumat, 01 Juni 2012

http://2.bp.blogspot.com/-nfZBXKAQRqo/T5z8ZuPPFSI/AAAAAAAAAOU/xoq_3ZabTCA/s1600/Minum+susu+sapi.jpg


Asupan kalsium penting untuk menjaga kesehatan tulang khususnya bagi remaja putri, namun di Indonesia rata-rata angkanya baru terpenuhi 50 persen. Ahli gizi menyarankan agar asupan tersebut ditingkatkan dengan minum 1-2 gelas susu dan mengonsumsi sumber kalsium lainnya.

"Tergantung pola konsumsi yang lain ya, tapi saya pikir 1-2 gelas susu tiap hari cukup membantu memenuhi kebutuhan kalsium pada remaja putri," kata Ahmad Syafiq, PhD, ahli gizi masyarakat dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM-UI) dalam media gathering jelang Konferensi Keluarga Cerdas Frisian Flag di Kemayoran, Jumat (1/6/2012).

Selain dari susu, asupan kalsium juga bisa didapatkan dari produk-produk olahan susu yang lain. Salah satunya yang kebetulan juga digemari remaja putri, menurut Syafiq adalah yogurt baik dalam bentuk cair maupun beku atau frozen yogurt seperti yang banyak dijual di pusat-pusat perbelanjaan.

Ditambahkan oleh Syafiq, produk olahan susu yang lain seperti keju juga banyak mengandung kalsium. Demikian juga makanan-makanan yang berasal dari hewan, seperti daging-dagingan maupun telur ayam juga termasuk sumber kalsium yang baik.

Bagi remaja putri, kecukupan kalsium sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Seperti diketahui, perempuan lebih rentan mengalami osteoporosis atau pengeroposan massa tulang sehingga penting untuk menabung kalsium sejak usia dini supaya tulangnya tidak rapuh saat beranjak dewasa.

Terkait dengan kecukupan kalsium pada remaja putri, Syafiq bersama para mahasiswanya dari FKM-UI pernah melakukan penelitian di beberapa kota di Indonesia termasuk Bandung, Bogor dan Jakarta. Hasilnya cukup memprihatinkan, sebab para remaja putri rata-rata hanya memenuhi 50 persen dari asupan kalsium yang dibutuhkan.

"Penelitian kami memang hanya di beberapa kota, tapi kecenderungannya kalau diambil rata-rata saya kira akan seperti itu semua datanya. Padahal berbagai proses pembentukan massa tulang sangat membutuhkan kalsium," kata Syafiq.





sumber :http://health.detik.com/read/2012/06/01/140156/1930392/1301/remaja-putri-di-indonesia-disarankan-minum-2-gelas-susu-tiap-hari?991104topnews

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar